Tips Melakukan Panjat Tebing Untuk Pemula

Saat ini sepertinya semakin banyak orang yang mulai tertarik untuk mengikuti kegiatan panjat tebing, terlebih lagi di Indonesia memiliki banyak tempat panjat tebing terbaik. Banyak atlet panjat tebing Indonesia, seperti misalnya Alfian M Fajri dari Jawa Tengah, Aspar Jaelolo dari DKI Jakarta, Fathur Roji dari Jatim, Rivaldi Ode R dari Bali, dan Sabri dari Kalimantan Utara. Bukan hanya atlet putra saja, karena terdapat pula atlet panjat tebing putri yang berhasil menorehkan prestasinya, seperti Aries Susanti Rahayu, sukses merebut emas Asian Games pada cabor panjat tebing pada nomor speed Sport Climbing di Jakabaring Sport City, Palembang

Panjat tebing sendiri merupakan sebuah olah raga yang akan sangat melatih semua otot yang ada di tubuh, sebabnya olah raga ini akan sangat baik untuk kesehatan. Karena memiliki risiko yang tinggi, ada baiknya untuk mematuhi prosedur keamanan yang berlaku. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa dilakukan.

Tips Panjat Tebing

1.Lakukan Persiapan Mental

Meski merupakan kegiatan fisik, tetapi untuk bisa melakukan panjat tebing tentunya membutuhkan mental yang siap. Panjat tebing merupakan olah raga yang akan sangat membutuhkan perhitungan yang baik, terlebih lagi ketika memilih jalur yang aman untuk melangkah di batuan tebing. Dengan mental yang siap, para pelaku panjat tebing bisa menjadi labih siap dan tenang.

Selain itu kegiatan ini akan semakin menyenangkan jika memang orang yang akan melakukannya sudah siap. Mungkin sedikit ketakutan akan muncul dan sulit untuk dihindari, tetapi jika masih dalam taraf yang normal ini merupakan hal yang biasa.

Karena ini merupakan olah raga yang akan melibatkan ketinggian, untuk yang fobia terhadap ketinggian ada baiknya untuk berlatih secara bertahap dalam mengurangi atau mengendalikan rasa takut tersebut.

2. lakukan Latihan Fisik Rutin

Yang menjadi poin penting dalam panjat tebing salah satunya adalah fisik yang kuat. Untuk bisa menjaga fisik agar tetap kuat dan siap dalam melakukan panjat tebing, ada baiknya untuk melakukan latihan rutin seperti menguatkan otot-otot dengan cara joging, angkat beban, push up, dan kegiatan lain yang menguatkan otot.

3. Peregangan dan Pemanasan

Kelenturan otot sangat dibutuhkan dalam melakukan panjat tebing, karena dalam melakukan kegiatan ini, kelenturan otot sangat dibutuhkan untuk bisa memudahkan koordinasi tubuh. Terlebih lagi para pemanjat tebing bisa melakukan berbagai gerakan tertentu dalam melewati rintangan di lokasi pemanjatan. Jadi untuk hadapi medan yang berat, lakukanlah pemanasan.

4. Periksa Alat Panjat Tebing

Ketika hendak melakukan panjat tebing, selain persiapan diri kita juga harus memperhatikan kelengkapan dari peralatan panjang tebing yang dimiliki. Mulai dari tali harness yang diikat dua kali pada gespernya, simpul di tali harnessnya, dan sebisa mungkin sebelum memulai memanjat mintalah bantuan dari teman pemanjat untuk memperbaikinya. Selalu pastikan untuk membawa kapur magnesium agar tangan tetap kesat ketika sedang memanjat.

5. Pahami Rute dan Komunikasi dengan Belayer juga Tim Pemanjat

Saat sedang memanjat, selain fokus kita juga harus bisa tetap berkomunikasi dengan rekan yang menjaga tali atau belayer. Selain itu tetaplah jaga komunikasi dengan rekan tim pemanjat, baik secara langsung atau dengan menggunakan isyarat tangan.

Ketika sedang memanjat juga, pastikan bisa memilih tatakan tangan atau pijakan yang benar. Jangan terburu-buru dalam memilih rute pemanjatan, karena dengan demikian bisa membuat lebih minim bahaya.

Nah, itulah sedikit tips yang bisa diberikan untuk Anda sebelum memulai melakukan panjat tebing. Ingat, panjat tebing bukan merupakan sebuah olahraga ringan, jadi sebelum melakukan ini sebaiknya lakukan persiapan yang mantap.

Kami harapkan ke depannya panjat tebing Indonesia bisa menjadi lebih berjaya dan semakin banyak atlet panjat tebing Indonesia yang menorehkan prestasinya.

Please Post Your Comments & Reviews

Your email address will not be published. Required fields are marked *