OTOT SAKIT SETELAH FITNESS? LAKUKAN CARA-CARA DIBAWAH INI!

Olahraga bisa dimana saja dan kapan saja asalkan ada niat. Banyak orang yang rela mengeluarkan uang untuk ke gym agar olahraga bisa lebih mudah dan juga mendapatkan hasil yang optimal. Tapi terkadang, setelah ngegym biasanya timbulah sakit badan bahkan otot-otot terasa sakit. Kira-kira kenapa ya?

Otot yang sakit ini biasanya akan dirasakan jika kamu melakukan olahraga dengan intensitas yang lumayan berat dan juga melatih beberapa di bagian tertentu. Hal ini sangat wajar, namun biasanya nyeri akan muncul sehari setelah berolahraga. Kondisi yang terjadi bisa saja pegal-pegal, otot yang kaku bahkan hingga bengkak.

Meskipun tidak berlangsung lama, namun otot-otot ini tak memiliki perlakuan yang khusus dan nanti akan pulih dengan sendirinya. Dengan hal ini, otot tersebut haru malakukan adaptasi agar tak terjadi kerusakan otot. Memang benar nyeri otot ini akan hilang dengna sendiri, namun ada baiknya kita pun harus melakukan cara-cara di bawah ini agar bisa mencegah menjadi tambah parah.

1.Tingkatkan rutinitas dalam berolahraga

Tingkatkan rutinitas dalam berolahraga

Nyeri otot bisa disebabkan karena tubuh yang kaget saat  melakukan aktivitas yang berat sekaligus. Apalagi jika dilakukan tanpa pemanasan, gejala seperti ini bisa saja terjadi setelah fitness. Yang perlu dilakukan yaitu menambah rutinitas olahraga dengan skala yang tidak terlalu jauh. Dengan begitu, otot pun akan terbiasa bekerja dan menjadi adaptasi. Hal ini bisa dilakukan dengan intensitas yang ringan-ringan dulu saja.

2.Kompres dengan es batu

Kompres dengan es batu

Nyeri otot bisa jadi karena otot yang bengkak. Untuk meredakannya, kalian bisa gunakan dengan cara mengompresnnya dengan es batu yang sudah di bungkus dengan handuk atau kain apapun.  Cukup letakan di bagian yang nyeri selama 15 menit dan tunggu hingga nyeri hilang. Setelah itu, bisa mengompres juga dengan air hangan agar mempercepat meredakan bengkak.

3.Mandi dengan garam Himalaya

Mandi dengan garam Himalaya

Untuk mengurangi otot yang sakit dan pegal-pegal pada tubuh, kalian pun bisa mandi air hangat yang ditabutkan dengan garam Himalaya. Garam ini dipercaya dapat menenangkan otot yang tegang dan juga bisa mengurangi peradangan di beberapa area tubuh.

4.Istirahat yang cukup

Istirahat yang cukup

Setelah olahraga berat, pastinya tubuh akan terasa sangat lelah dan terkadang juga pegal-pegal. Untuk mengurangi nyeri otot atau tubuh yang pegal, istirahatlah yang cukup agar otot bisa pulih kembali. Karena jika kurang istirahata maka pemulihan akan menjadi lama, karena tubuh dipaksa kembali untuk beraktivitas. Istirahat juga harus diimbangi dengan makanan yang sehat seperti tinggi protein dan jangan lupa untuk perbanyak minum. Istirahatlah setidaknya 8 jam sehari agar bisa mempercepat pemulihan nyeri. Ibaratnya, kita mencharge tubuh agar bisa dipakai untuk esok hari.

5.Memakai obat

Memakai obat

Banyak obat-obat di apotek yang menjual berbagai macam jenis untuk mengobati nyeri otot. Bisa juga menggunakan obat krim yang dioleskan pada bagian sendi atau otot yang sakit. Dengan cara ini bisa membantu meredakan nyeri setelah fitness dan aktivitas pun tak akan lagi terganggu.

6.Pijat

Pijat

Pijat ini bisa dilakukan oleh pribadi agar bisa merasakan seberapa sakit pijatan tersebut. Pemijatan ini juga akan memperlancar aliran darah dan meredakan oto yang bengkak.

Itulah 6 cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi nyeri otot setelah fitness. Ingat, badan harus tetap bergerak seperti melakukan perengan atau sekedar olahraga-olahraga ringan misalnya jalan pagi. Hal ini bisa melatih otot dan hindari olahraga yang berat selama pemulihan belum selesai.

Please Post Your Comments & Reviews

Your email address will not be published. Required fields are marked *