Tips Untuk Senam Zumba Bagi Pemula

Siapa di sini yang ingin memulai pola hidup sehat dengan cara berolahraga? Tapi bingung ingin mulai dengan melakukan olahraga apa? Bagaimana jika melakukan senam zumba?

Zumba adalah salah satu jenis senam yang saat ini paling banyak digemari oleh kebanyakan orang, karena senam ini bisa membakar kalori secara baik dan bahkan senam yang dilakukan bisa menyesuaikan dengan kondisi dari kesehatan tubuh.

Biasanya senam ini gerakannya akan mengikuti iringan musik serta ada durasi tertentu dalam melakukannya. Segala gerakan di senam ini akan membantu kamu dalam melatih otot yang ada di dalam tubuh juga denyut jantung.

Berbeda dengan menari, karena di sini gerakannya cenderung selaras tapi tidak terpaku kepada musik yang dimainkan. Mereka yang melakukan senam zumba biasanya melakukannya lebih dari 4 menit secara teratur.

Banyak manfaat yang bisa didapatkan dari senam satu ini, jika kamu ingin turut merasakan manfaatnya, berikut ini kami memiliki beberapa tips yang bisa kamu ikuti ketika ingin melakukan senam zumba.

Tips  Melakukan Zumba Dance Bagi Para Pemula

1.Gunakan Baju yang Nyaman

Zumba

Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah kamu harus menggunakan pakaian yang nyaman juga menyerap keringat. Jika kamu menggunakan kerudung, ada baiknya memilih kerudung yang simpel agar nantinya ketika bergerak bisa menjadi lebih leluasa, karena memang gerakan zumba lincah dan cepat.

2. Gunakan Sepatu Olahraga

Zumba

Gunakanlah sepatu skets yang biasa digunakan untuk melakukan olahraga. Ini juga membantu kamu untuk bisa lebih leluasa ketika sedang bergerak. Tidak dianjurkan untuk menggunakan sepatu yang memiliki alas licin juga keras, lebih baik pilihlah sepatu yang memiliki alas kesat jadi kamu tidak mudah untuk terpeleset.

3. Atur Jadwal Zumba

Zumba

Untuk kamu yang masih baru memulai senam zumba, sebaiknya mengatur jadwal tidak terlalu ekstrem. Seperti mulai dengan 3 kali seminggu, jadi tubuh kamu nantinya akan mulai terbiasa dengan cara yang baik. Tubuh perlu dibangun stamina juga daya tahannya, jadi nanti kalau sudah mulai terbiasa, baru tambahlah jumlah kelas zumba yang kamu hadiri.

4. Jangan Makan yang Berat Sebelum Senam Zumba

Jangan Makan yang Berat Sebelum Senam

Ketika kamu hendak mengikuti kelas zumba, disarankan untuk tidak mengonsumsi makanan berat. Karena nantinya perut kamu bisa sakit ketika sedang melakukan senam. Makanlah sesuatu yang ringan, seperti kacang-kacangan atau buah-buahan, karena kamu tetap harus mengisi perut sebelum mulai berlatih. Tapi, sebaiknya kamu makan dua jam sebelum kelas dimulai.

5. Minum Air Putih Sebelum dan Sesudah

Minum Air Putih

Minum air putih adalah hal yang sangat penting untuk dilakukan. Dengan meminum air putih, manfaat zumba akan semakin bisa dirasakan. Disarankan untuk meminum air putih 20 menit sebelum kamu melakukan senam. Minumlah air secukupnya saja, kalau kebanyakan dikhawatirkan kamu akan mengalami kembung dan malah kesulitan untuk bergerak.

6. Konsultasi dengan Dokter

Konsultasi dengan Dokter

Kalau kamu memiliki penyakit yang kronis, ada baiknya mengonsultasikannya terlebih dahulu kepada dokter. Karena ini merupakan olahraga yang aktif. Dokter bisa mengetahui sekuat apa tubuhmu dalam melakukan olahraga sejenis ini.

7. Latihan Rutin

senam zumba

Terakhir yang kami sarankan adalah untuk selalu berlatih dengan rutin. Cobalah untuk bisa memetik manfaat yang maksimal dari senam ini, kalau hanya melakukannya satu dua kali, mungkin tubuhmu akan lama terbiasa.

Nah, itulah beberapa tips dalam melakukan senam zumba. Sekarang kamu siap untuk memulai senam agar hidupmu menjadi lebih sehat!

Please Post Your Comments & Reviews

Your email address will not be published. Required fields are marked *