Tips Buat Senam Sehat Ceria untuk Anak Paud

Banyak kegiatan yang biasa anak lakukan ketika tengah berada di Paud atau Pendidikan Anak Usia Dini, salah satunya adalah dengan cara melakukan senam sehat ceria agar anak-anak bisa memiliki tubuh yang sehat sejak dini. Tetapi karena masih anak-anak, mereka biasanya cenderung tidak ingin mengikuti sang guru yang tengah mencoba mengajak mereka untuk berolahraga.

Tentunya sebagai guru tidak boleh memaksakan anak-anak untuk melakukan apa yang tidak ingin mereka lakukan, karena mereka memang masih dalam masa perkembangan. Namun, kita bisa membuat acara senam menjadi lebih meriah dan sehingga mereka menjadi tertarik untuk mengikuti kegiatan ini.

Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa dilakukan oleh para pengajar atau orang tua, di mana cara-cara ini akan membantu Anda dalam mengajak anak-anak untuk lebih aktif lagi dalam melakukan olah raga.

Tips Mengajak Anak Semangat Senam Ceria

1.Biarkan Mereka Bermain Terlebih Dahulu

Senam Sehat Ceria

Jangan paksa anak untuk langsung melakukan olahraga, biarkan mereka puas untuk melakukan apa yang mereka sukai terlebih dahulu. Setelah di rasa sudah waktunya, maka bisa langsung mengajak mereka untuk melakukan senam ceria.

Ajaklah mereka dengan perlahan dan tidak terkesan memaksa. Atau bisa juga ajak mereka dengan mengatakan setelah berolahraga mereka bisa kembali bermain, jadi mereka tidak akan kecewa karena kehilangan jam bermainnya.

2. Putarkan lagu-lagu yang ceria

Senam Sehat Ceria

Kini banyak ditemukan senam anak yang malah menggunakan lagu dangdut, di mana anak-anak cenderung kurang tertarik. Putarkanlah lagu-lagu anak yang bisa digunakan untuk senam, cara ini juga bisa membantu anak dalam mengetahui lagu-lagu yang sesuai dengan usianya.

Lagu anak-anak juga dirasa bisa membangun suasana yang ceria, sehingga senam ceria akan menjadi semakin terasa di suasananya.

3. Gerakannya Lucu dan Unik

Senam Sehat Ceria

Ada berbagai macam gerakan senam yang bisa dilakukan dan tak jarang gerakan lucu pun bisa menjadi bagian dari senam. Ini bisa dimanfaatkan untuk menciptakan gerakan-gerakan yang mudah dilakukan oleh anak-anak dan juga cenderung membuat mereka mudah ingat dengan gerakan tersebut.

Semakin unik dan lucu gerakan yang bisa ditiru oleh anak-anak, maka akan semakin mereka tertarik untuk mengikuti gerakan yang ada. Apalagi ketika diselingi dengan candaan yang dilakukan dengan teman-temannya, mereka akan semakin bersemangat.

4. Selingi dengan Yel Yel Lucu

Senam Sehat Ceria

Bukan hanya gerakan tubuh saja yang menjadi fokus dalam senam PAUD ceria ini, karena bisa saja diselingi dengan yel-yel yang membuat mereka bersorak ceria. Sorakan-sorakan ini tentunya membuat anak-anak semakin bersemangat.

Seperti misalnya ketika ada lagu, anak-anak bisa diajak untuk bernyanyi atau memberikan sorakan-sorakan tertentu yang membuat mereka menjadi semakin terhibur.

5. Jangan Paksa Mereka – Senam Sehat Ceria

Senam Sehat Ceria

Tips terakhir yang akan kami berikan adalah jangan sampai Anda memaksa anak untuk melakukan senam. Konsep senam ceria PAUD ini tidak akan terlaksana jika dilakukan dengan paksaan. Karena hal itu hanya akan membuat anak-anak semakin tidak suka untuk melakukan senam tersebut.

Sebaiknya tunggu mereka sampai benar-benar ingin melakukannya dan tidak terdapat unsur paksaan di dalamnya yang membuat mereka sedih dan tidak ingin melakukannya.

Nah, itulah beberapa tips yang bisa Anda aplikasikan dalam mengajak anak untuk melakukan senam sehat ceria. Mari kita kembangkan senam ceria anak Indonesia agar generasi muda yang lebih suka menatap gadgetnya saat ini ke depannya bisa menjadi anak yang lebih sehat!

Please Post Your Comments & Reviews

Your email address will not be published. Required fields are marked *