Peraturan Permainan Sepak Bola Resmi

Sepak Bola

Peraturan Permainan Sepak Bola – Sepak Bola memang salah satu olahraga yang paling di sorot di dunia saat ini, Para pemain Sepak Bola sendiri banyak yang di sorot oleh kamera wartawan karena mempunyai gaji yang sangat besar.

Meski banyak yang menonton olahraga Sepakbola ini, masih ada saja lho yang tidak mengetahui peraturan permainan Sepak Bola. Itu sebabnya bagi para atlit muda harus mengetahui Peraturan dasar Permainan Sepak Bola resmi agar bisa menjadi Atlit Sepak Bola.

Peraturan Permainan Sepak Bola

Hal pertama yang harus diketahui untuk para rekrutan Atlit Sepak Bola pertama mereka harus mengetahui hal dasar berikut ini.

1. Ukuran Lapangan

Ukuran Lapangan

Nah mungkin bagi para penonton ataupun para pemain sepak bola sudah tahu kalau Ukuran Lapangan harus mempunyai panjang 100 meter hingga 110 meter. Sedangkan untuk ukuran lebar lapangan sendiri harus mempunyai lebar 64 Meter hingga 75 Meter.

Serta harus memiliki Luas Daerah gawang sekitar18.35 Meter X 5.5 Meter, dan memiliki daerah hukuman penalti sekitar 41 Meter X 16.5 Meter. Tidak lupa dengan lingkaran tengah yang harus memiliki area 9.15 Meter.

2. Ukuran Gawang

Dalam pertandingan resmi Ukuran Gawang harus memiliki Tinggi 2.44 Meter dan lebar 7.32 Meter

3. Bola

Nah dalam sepak bola harus ada standart resmi ukuran bola dalam pertandingan, jadi tidak asal saja menggunakan bola ya, Ukuran Lingkaran bola harus memiliki 68 hingga 71 CM dan mempunyai berat 396 sampai 453 Gram dengan berbahan kulit bulat.

4. Susunan Pemain

Dalam susunan Pemain, jumlah anggota tim yang bermain harus lah 11 pemain terdiri dari 1 kiper dan 10 pemain lainnya. Dan di dalam susunan pemain harus ada Kapten yang memimpin timnya masing-masing.

5. Peraturan Sebelum Pertandingan

Sebelum pertandingan resmi dimulai tentunya para pemain harus menjabat tangan kepada pemain lainnya. Kemudian Wasit menyuruh pemain Kapten masing-masing untuk memilih siapa terlebih dulu yang bisa memiliki bola di awal pertandingan.

Setelah hal tersebut dipenuhi para pemain mengikuti peraturan mengenai penggunaan aksesoris, para Kiper diharuskan menggunakan sarung tangan guna untuk menghindari terluka dari tendangan bola pemain lain.

Serta para pemain harus memiliki Jersey yang harus menyesuaikan sesuai Permainan Home atau Away dan juga Waktu permainan harus 90 menit dengan yang dibagi menjadi 2, babak 1 dan 2 mempunyai menit yang sama yaitu 45 menit.

Jika pertandingan babak pertama selesai, para pemain akan turun minum dari waktu yang di tentukan.

6. Wasit

Wasit merupakan salah satu kunci jalannya pertandingan dalam memberikan keputusan jika pemain sepak bola melanggar peraturan entah mengkeluarkan pemain dengan kartu merah atau memberikan peringatan dengan kartu kuning.

Wasit juga mempunyai hak dalam menganulir gol dari sebuah pemain, jika terjadi Offside ataupun pelanggaran lainnya.

Tentunya Wasit dibantu dengan Linesman atau biasa dikenal dengan asisten wasit yang bisa mengecek para pemain jika berada di posisi offside.

Serta Wasit dibantu juga dengan Video Assistan Referee atau yang disingkat VAR jika para asisten wasit kurang tidak bisa melihat terlalu jelas mengenai pelanggaran dari pemain saat mencetak gol.

7. Pelanggaran

Jika pemain melakukan pelanggaran ada konsekuensinya tersendiri mulai dari dikeluarkan dari tim hingga mendapatkan peringantan setelah itu. Wasit akan menentukan hukuman lainnya jika pemain dari tim A melanggar di luar kotak penalty mereka maka Pemain dari Tim B mendapatkan tendangan bebas.

Namun, jika pemain tim A melanggar di kotak penalty mereka terhadap pemain Tim B, maka secara otomatis Tim B berhak mendapatkan tendangan penalty.

8. Peraturan Bola Keluar Lapangan

Peraturan bola keluar lapangan jika pemain dari Tim B membuat keluar bola, maka tim A mendapatkan lemparan bola kedalam lapangan. Hal tersebut juga berlaku di tendangan Pojok dan tendangan gawang.

Please Post Your Comments & Reviews

Your email address will not be published. Required fields are marked *