OLAHRAGA YANG AMAN UNTUK IBU HAMIL

Olahraga Saat Hamil

Menjaga kesehatan seperti olahraga saat sedang hamil merupakan hal yang penting dan wajib di lakukan. Tak hanya harus memfilter makanan apa saja yang boleh di konsumsi, tapi ibu hamil pun perlu olahraga agar tubuhnya tetap fit dan menjaga janin tetap sehat.

Memang tak semua jenis olahraga boleh di lakukan saat hamil, tapi dengan beberapa olahraga yang dianjurkan dan aman untuk ibu hamil akan meminimalisir keluhan-keluhan yang biasa dirasakan oleh para ibu hamil. Misalnya seperti sakit pinggang dan beberapa anggota tubuh lainnya yang merasa pegal. Olahraga saat hamil pun baik untuk menjelang persalinan nanti, sehingga akan memperlancar dan juga bisa menghilangkan stress saat hamil.

Biasanya ibu-ibu hamil sudah mulai stress ketika berat badannya naik, dengan olahragalah yang bisa mengontrol berat badan agar tidak terlalu over. Inilah beberapa olahraga yang aman untuk ibu hamil dengan segala manfaatnya.

Olahraga yang Dianjurkan Saat Ibu Hamil

1.Yoga

Yoga

Seperti yang kita sering lihat bahwa yoga merupakan olahraga favorite yang sering dilakukan saat hamil. Konsep olahraga ibu saat hamil ini adalah dengan tenang dan tidak terlalu berat, bisa membantu para ibu untuk belajar pernafasan sebagai bekal bagi persalinan nanti. Hanya dengan yoga 30 menit saja, tubuh sang ibu pun akan menjadi rileks dan membuat otot tidak tegang serta bisa meningkatkan mood.

2.Jalan kaki

Jalan kaki

Olahraga saat hamil paling sederhana yang bisa dilakukan oleh ibu hamil yaitu jalan kaki. Gak perlu peralatan yang repot, karena jalan kaki ini bisa dilakukan di dalam rumah atau berkeliling komplek. Lakukan olahraga ini dipagi hari agar jantung pada janin menjadi lebih sehat. Lakukankah setidaknya seminggu 3 kali dengan durasi 30 menit saja namun jangan dipaksakan jika sudah merasa lelah.

3.Pilates

Pilates

Ibu hamil akan membawa janin kemanapun ia pergi selama 9 bulan dengan ukuran yang berbeda. Hal ini tentunya akan membuat tubuh sang ibu menjadi sering lelah dan pegal. Nah Dengan pilates inilah akan melatih otot sang ibu sehingga bisa menopan tubuh menjadi lebih kuat dan juga melatih keseimbangan tubuh. Olahraga ini sebaiknya jangan dilakukan terlalu sering dan pastikan dilatih oleh orang yang sudah professional.

4.Zumba

Zumba

Bagi kamu yang suka dengan gerakan full, zumba ini mungkin cocok untuk beberapa orang. namun perlu diperhatikan lagi bahwa tak semua zumba ini baik bagi sang ibu, apalagi jika sudah hamil tua. Ada beberapa orang yang nyaman dengan olahraga ini, ada pula yang gampang cape saat zumba. Jika ingin mencoba olahraga ini, lebih baik pada saat hamil jangan terlalu berenergi dan bersemangat, yang terpenting buat badan setidaknya gerak saja. Ingat pada kesehatan janin ya bunda.

5.Berenang

Berenang

Berenang ini bisa dilakukan setidaknya seminggu sekali atau 2 minggu sekali untuk membangun kekuatan pada tubuh. Jangan bergerak terlalu banyak dan hindari untuk memutar di dalam air. Berenang saat hamil pun perlu diawasi oleh pelatih renang untuk menghindari hal yang tidak di inginkan.

Nah itulah 5 olahraga yang aman dilakukan saat hamil, jangan lupa untuk pemanasan terlebih dahulu agar mengurangi ketegangan pada otot. Karena hamil hanya bisa dirasakan sendiri, jadi jangan memaksakan bila kondisi badan kurang fit. Dan siapkan juga air putih saat olahraga untuk menghindari dehidrasi. Pokoknya sesuaikan saja dengan olahraga yang ibu-ibu suka yang penting hati senang dan bayi pun sehat!

Please Post Your Comments & Reviews

Your email address will not be published. Required fields are marked *