MELATIH KELINCAHAN TUBUH DENGAN OLAHRAGA INI!

Tak semua orang memiliki tubuh yang lincah. Ini bisa berefek pada pergerakan setiap orang apakah orang yang termasuk cekatan, aktif atau pun malah lambat dalam bergerak. Alangkah baiknya jika dari kecil kita mulai untuk melatih kelincahan pada tubuh. Sebab dengan punya tubuh yang lincah, aktivitas yang kita kerjakan pun bisa menjadi cepat dan tepat.

Karena kelincahan selalu di kaitkan dengan kecepatan dalam bergerak, dengan begitu dengan melatih kelincahan ini akan membantu kecerdasan otak karena kita di tuntut untuk bisa berkoordinasi. Kelincahan pun berkaitan dengan gerakan kaki, selain untuk bisa daya tahan tubuh, tubuh yang lincah pun bisa mengatur reflek terhadap sesuatu yang akan terjadi pada kita. Misalnya saat berlari ada batu, menghindari lawan saat bermain bola dan sebagainya.

Untuk itu, kita akan bahas olahraga apa saja yang bisa membantu tubuh agar menjadi lebih lincah dan sekaligus bisa melatih kemampuan motorik.

1.Lari Zigzag

Lari zigzag ini biasa kita temui ketika sedang olahraga di sekolah ataupun ketika sedang latihan pemanasan sebelum bermain bola. Pada lari zigzag ini, kamu perlu cone ataupun apapun yang bisa dijadikan track untuk berlari. Cone ini harus disusun secara berjajar garis lurus dengan jarak sekitar 60 cm setiap conenya dan jangan terlalu berdekatan.

Jika sudah tersusun rapi, barulah kamu lari zigzag untuk melewati kerucut. Hal ini harus dilakukan secara cepat dan jangan sampai menyentuh bagian cone. Jika sudah sampai ujung, kamu pun bisa kembali ke tempat awal dengan cara zigzag pula dan lakukan hingga 3-5 set.

2.Shutle Run

Pernah dengan latihan yang satu ini kan? shuttle run merupakan lari dengna track yang lurus secara bolak balik dengan durasi yang telah di tentukan. Shuttle run ini akan melatih kecepatan kamu, sehingga bila dilakukan dengan rutin akan mendapatkan hasilnya. Lari seperti ini juga biasanya sering diadakan setiap pelajaran olahraga. Misalnya setiap orang diberi waktu sekian detik untuk bisa lari secara bolak-balik dengan cepat. Dengan begitu akan melatih tubuh lebih lincah dan dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Shuttle run pun bisa disebut dengan sprint.

3.Lompat zigzag

Sebelum melakukan lompat zigzag ini, kamu menyiapikan tapi atau selotip yang dibentuk menyerupi tangga. Setiap kotaknya di beri jakar kurang lebih 30-60 cm agar pergerakan kita lebih leluasa dan tak terinjak garis. Jika sudah selesai di buat, kamu harus berada diluar kotak paling ujung, lalu lakukanlah lompatan ke dalam kotak. Setelah itu lompat kembali ke luar kotak dan kembali lompat ke dalam, lakukankah berulang kali dengan cepat hingga kamu sampai pada ujung tangga. Gerakan ini membantu kaki menjadi lebih kuat, lebih tangkas, melatih keseimbangan dan melatih konsentrasi.

4.Melempar dan menangkap bola

Bukan hanya latihan kaki saja, tapi kita pun bisa melatih tangan agar lebih lincah dengan cara menangkap bola. Latihan ini sangat sederhana dan hanya membutuhkan bola tenis atau bola kecil yang bisa memantul. Caranya pun mudah, tinggal pantulkan bola ke tembok dan jangan lupa untuk di tangkap dengan kedua tangan.

Untuk lebih dapat berkonsentrasi, kamu pun bisa menangkap dengan tangan yang jarang dipakai. Misalnya tangan kiri, dengan begitu akan melatih otak serta melibatkan koordinasi yang pas karena menangkap dengan tangan kiri lumayan sulit.

Itulah olahraga sederhana yang mampu membuat tubuh menjadi lebih lincah serta bisa melatih ketangkasan tubuh. Jika kamu sudah memiliki anak atau adik kecil, cobalah diajarkan untuk latihan seperti ini. Semoga bermanfaat!

Please Post Your Comments & Reviews

Your email address will not be published. Required fields are marked *