Tips Ikuti Lari Marathon Untuk Pemula!

Sepertinya saat ini kita sudah tidak asing lagi dengan lari Marathon, di mana bukan hanya di minati oleh mereka yang sudah terbiasa dengan olahraga ini, tetapi juga mereka yang ingin menjaga kebugaran tubuh mereka. Pengertian Marathon sendiri adalah cabang olahraga atletik yang memiliki jarak tempuh cukup jauh, jadi kalau ingin melakukan olahraga ini tidak bisa dilakukan dengan asal-asalan.

Biasanya jarak tempuh lari Marathon dapat mencapai 50 kilometer, itulah sebabnya Anda harus melakukan persiapan yang matang sebelum melakukan lari Marathon. Berikut ini kami sudah menyiapkan beberapa tips penting sebelum Anda memulai melakukan lari Marathon.

Tips Lari Marathon

1.Persiapan dan Perlengkapan Lari Marathon

Persiapan dan Perlengkapan lari

Sebelum Anda memulai lari Marathon, ada baiknya untuk melakupan persiapan minimal 12 minggu sebelumnya. Jika Anda pernah melakukan lari Marathon, Anda bisa melakukan persiapan 8 minggu sebelumnya. Tentunya hal ini dilakukan untuk menjaga tubuh agar tetap fit.

Selain itu, persiapkan juga berbagai perlengkapan yang akan dibawa sebelum mengikuti Marathon. Seperti misalnya sepatu, pakaian, dan perlengkapan yang akan di pakai lainnya. Jika menggunakan sepatu baru, pastikan sepatu yang digunakan sudah melakukan penyesuaian dengan kaki agar ketika lomba nanti kaki tidak lecet atau sakit karenanya.

2. Atur Pola Makan

Atur Pola Makan

Ketika hendak melakukan lomba, pastikan Anda mengatur pola makan baik sebelum mulai berlari atau sesudah berlari. Jangan makan makanan yang terlalu berminyak atau terlalu pedas, karena ini bisa membuat masalah pada pencernaan Anda.

3. Latihan Fisik

Latihan Fisik

Ada beberapa pelatihan yang perlu dilakukan bagi Anda yang baru memulai untuk melakukan Marathon. Pastikan fisik Anda kuat, jadi lakukanlah olahraga angkat beban yang bisa membantu performa ketika sedang berlari jarak jauh. Ini diperlukan untuk bisa membuat tubuh Anda bertahan sepanjang lomba berlangsung.

Selain itu angkat beban pun bisa meningkatkan kinerja otot dan juga jantung. Latihan core dan fleksibilitas juga diperlukan, karena keduanya bisa membantu performa saat sedang lari jarak jauh.

4. Konsisten

Konsisten

Dalam melakukan persiapan untuk berlari, Anda harus bisa konsisten dalam menjalankan pelatihan tersebut. Ketika sedang latihan, jangan sampai Anda lengah dan tidak menjalankannya dengan baik. Karena itu akan sangat berdampak ketika Anda sedang melakukan lari nantinya.

5. Bangun Tepat Waktu

Bangun Tepat Waktu

Saat sudah hari H, pastikan Anda bangun setidaknya 2 jam sebelum lomba lari Marathon dimulai. Ini karena ketika Anda bangun, tubuh Anda masih harus menyesuaikan diri dengan lokasi lomba Marathon. Jangan lupa untuk menyelesaikan segala panggilan alam yang ada.

6. Datang Lebih Awal

Datang Lebih Awal

Selain harus bangun lebih awal, Anda juga harus datang lebih Awal juga. Minimal datanglah 30 menit sebelum lomba, Anda bisa lakukan pemanasan, peregangan, dan lainnya agar tidak terburu-buru ketika lomba akan dimulai.

7. Perhatikan Tempo Berlari Saat Lari Marathon

Perhatikan Tempo Berlari

Tempo berlari, atau biasa dikenal sebagai Pace, merupakan hal yang perlu diperhatikan. Pastikan ketika mulai untuk berlari, Anda tidak langsung mulai dengan cepat. Berlarilah dengan tempo yang sudah biasa untuk dilakukan. Jarak lari akan sangat panjang, jadi setidaknya setiap 2,5 KM beristirahatlah dan minum air.

Saat sudah berada pada garis finish, pastikan ganti cairan tubuh dengan cairan elektrolit. Dengan demikian tubuh Anda akan cepat kembali pulih.

Nah, itulah beberapa tips mengenai cara untuk lari Marathon yang tepat untuk dilakukan. Jangan sampai tubuh Anda tidak siap dalam melakukan olahraga ini, ya!

Please Post Your Comments & Reviews

Your email address will not be published. Required fields are marked *