Manfaat Serta Jenis-Jenis Olahraga Kardio

Manfaat Serta Jenis-Jenis Olahraga Kardio – Bagi kamu yang berencana untuk menurunkan berat badan, tapi tidak mau nge Gym. Ada banyak pilihan olahraga yang mungkin sesuai untuk kamu yang pemalas, diantaranya adalah Kardio.

Mungkin kamu bertanya-tanya apa itu olahraga Kardio? Olahraga Kardio atau biasa di sebut olahraga aerobik merupakan kegiatan olahraga yang memperkuat jantung dan paru-paru. Kata-kata Kardio sendiri di ambil dari kata kardiovaskular yang berhubungan dengan jantung dan pembuluh darah.

Olahraga Kardio ada banyak sekali manfaatnya di antaranya adalah memperkuat jantung dan paru-paru agar kuat serta tetap sehat, serta menurunkan stress, meningkatkan kekebalan tubuh, mencegah diabetes, dan menurunkan berat badan dan kolestrol dalam tubuh.

Nah itu lah manfaat dari olahraga Kardio, lalu apa saja Jenis Olahraga Kardio? Yuk simak di bawah ini.

Jenis Olahraga Kardio

1. Jogging

Jogging

Jogging merupakan jenis olahraga kardio, Jogging merupakan akvitias lari santai yang dapat meningkatkan aktivitas jantung serta paru-paru karena aktivitas jogging yang memerlukan banyak oksigen.

Lalu apakah Jogging dan Lari sama? Perbedaan yang mencolok dari Olahraga Jogging dengan Lari adalah kecepatan serta membutuhkan lebih banyak kekuatan otot, paru-paru dan juga Jantung.

Aktivitas Jogging sendiri bisa di lakukan di rumah atau luar ruangan, dan juga olahraga Jogging tidak memerlukan alat bantu apa pun.

2. Naik Turun Tangga

Naik Turun Tangga

Hampir sama dengan olahraga Jogging, namun olahraga naik turun tangga membutuhkan tenaga yang cukup ekstra. Olahraga yang satu ini bisa di lakukan jika rumah mu tingkat, atau kamu juga bisa lakukan di gedung-gedung bertingkat seperti kantor maupun mall-mall.

Agar merasakan Energi yang di hasilkan Naik Turun Tangga, kamu bisa mencoba meningkatkan kecepatan saat naik tangga maupun turun tangga.

Olahraga jenis Naik Turun Tangga bisa dibilang masuk ke kategori dalam ruangan, karena biasanya tangga kebanyakan dalam ruangan.

3. Lompat Tali

Lompat Tali

Salah satu olahraga Lompat Tali dapat kamu lakukan di rumah maupun luar ruangan. Olahraga ini cocok bagi kalian yang ingin menjaga berat badan ideal dan dapat menurunkan berat bedan lebih cepat.

Jika kamu melakukan aktivitas Lompat tali selama 10 menit setelah jogging 30 menit, total kalori yang kamu bakar mencapai 250 kalori lebih setiap aktivitas yang kamu lakukan.

Dalam Lompat tali kamu harus coba tentukan setiap berapa detik untuk istirahat sejenak dan kamu bisa lanjutkan proses kembali.

4. Step Up

Step Up

Mungkin bagi kalian yang awam dengan Olahraga Kardio Step Up belum mengerti, Step Up merupakan gerakan olahraga kardio di mana kamu naik turun di bangku ataupun meja yang kokoh.

Manfaat Olahraga Kardio ini dapat membantu kalian yang ingin membakar lemak di sekitar bokong dan paha, karena olahraga ini membutuhkan kekuatan dari paha serta kaki yang kuat setiap menaiki bangku atau meja.

Olahraga jenis ini terbilang bisa membakar kalori cukup banyak meski dengan durasi Step Up hanya 15 menit saja.

5. Circle Hop Squat

Circle Hop Squat

Circle Hop Squat ialah olahraga yang dapat memperkuat otot-otot kaki serta meningkatkan kekuatan jantung, Squat merupakan latihan kardio yang sangat mudah. Cara memulainya sangat mudah, dimana kamu meletakan tanga di posisi depan tubuh serta kaki dalam posisi jongkok. Setelah itu lakukan lah lompatan dan mendarat dalam posisi jongkok, terus ulangi aktivitas tersebut.

Manfaat dari Circle Hop Squat ada banyak sekali di antaranya adalah membakar kalori, memperkuat otot, meningkatkan aliran darah untuk jantung, serta dapat mengecilkan perut. Nah olahraga Circle Hop Squat mungkin cocok untuk kamu yang mengecilkan perut serta mengecilkan bokong.

Aktivitas dari Squat sendiri bisa kamu lakukan dimanapun dan kapan pun, entah itu di rumah maupun luar ruangan.

6. Berenang

Berenang

Berenang merupakan salah satu aktivitas Kardio yang dapat membakar lemak lebih efesien, jika kamu tidak suka berlari maupun kardio lainnya seperti di atas. Maka Berenang menjadi alternative olahraga kardio yang cocok dengan anda.

Olahraga berenang sendiri dapat membantu kamu dalam membakar kalori hingga 700 kalori, jika kamu berenang salama 1 jam. Olahraga berenang sendiri dapat memperkuat tangan, kaki, jantung, dan pernapasan.

Nah jadi jika kamu lebih memilih olahraga berenang, kamu bisa coba lakukan di kolam renang umum maupun kolam renang pribadi di rumah kamu.

7. Bersepeda

Bersepeda

Sepeda memang merupakan alat transportasi darat yang hanya memerlukan kekuatan dari kaki ketika di goes, namun apakah kamu tahu kalau Bersepeda merupakan salah satu olahraga Kardio yang memerlukan sepeda sebagai alat utamanya? Kamu bisa mencoba bersepeda menggunakan sepeda biasa mapun statis untuk membakar kalori.

Setiap Aktivitas yang dilakukan bersepeda menggunakan statis maupun biasa dapat membantu aliran darah ke jantung lebih lancar dan dapat memperkuat otot-otot di kaki seperti paha serta betis dalam mengoes sepeda.

8. Burpees

Burpees

Burpees merupakan gerakan olahraga kardio yang dapat menggerakan semua bagian tubuh dalam satu kali gerakan saja. Gerakan Burpees pertama kamu harus lakukan jongkok dengan tangan dibawah, lalu kamu berada di posisi lurus seperti Push Up setelah itu kamu dorong badan mu kembali seperti gerakan pertama, lalu loncat. Dan terus ulangi kembali gerakan tersebut.

Gerakan dari burpees terbilan cukup efektif bagi yang menginginkan tubuh ideal dengan cepat, karena gerakannya menggunakan semua anggota otot tangan, kaki, paha, dada, dan perut dalam tiap gerakannya.

9. Jumping Jacks

Jumping Jacks

Gerakan Jumping Jacks merupakan aktivitas pemanasan dalam kardio, gerakan ini dapat membantu meregangkan otot-otot serta dapat membantu mengurangi kalori di tubuh.

Gerakannya cukup mudah, kamu perlu berdiri lurus lalu loncat dengan membuka kaki dan tangan, dan kembali lagi dalam posisi berdiri lurus.

Biasanya gerakan dari Jumping Jacks sendiri dilakukan sebelum Jogging, dan Berenang yang berguna untuk meregangkan otot-otot tubuh.

10. Skaters

Skaters

Skaters merupakan gerakan olahraga kardio yang ringan, gerakan ini cukup simple. Kamu hanya perlu meloncat kekanan dan kekiri, posisi loncatan dari kaki harus berada di kaki belakang lainnya. Gerakan dari Skaters sendiri terbilang Hampir mirip dengan aktivitas menggunakan sepatu roda.

11. Mountain Climbers

Mountain Climbers

Gerakan Olahraga kardio seperti menaiki gunung, dalam posisi push up. Gerakannya cukup simple, kamu perlu berada dalam posisi push up serta posisi kaki yang bisa di naikan ke arah tangan di posisi push up. Gerakan harus dilakukan secara bergantian bergerak ke depan, lalu ulangi kembali.

Gerakan Mountain Climbers terbilang cukup efektif untuk mengurangi buncitan dalam perut, serta dapat mempercepat aliran darah meski gerakan dilakukan hanya 10 menit saja.

Penutup

Nah itulah Jenis-Jenis Olahraga Kardio ringan yang dapat kamu lakukan di rumah maupun luar ruangan. Memang untuk proses mendapatkan tubuh ideal sangat susah bagi sebagian orang, namun hal tersebut dapat membantu kamu dalam mengurangi berat badan berlebih

Please Post Your Comments & Reviews

Your email address will not be published. Required fields are marked *