MENGENAL JENIS-JENIS GAYA RENANG

Renang salah satu olahraga yang banyak disukai oleh banyak orang dari mulai anak-anak hingga orang dewasa. Olahraga ini memiliki banyak manfaat, selain bisa membentuk beberapa bagian otot tapi renang pun sangat baik bagi kesehatan. Kemudian olahraga ini bisa membantu merubah fisik menjadi lebih tinggi dan juga menurunkan berat badan.

Olahraga ini juga sangat baik pagi perkembangan dan pertumbuhan motorik anak. Makanya ada baiknya jika mengajarkan renang sejak dini, agar bisa membantu membentuk fisik dikemudian hari. Setiap gerakan renang pun memiliki gaya yang berbeda, sudah tau apa saja? Tentunya gerakan ini perlu teknik yang benar untuk dilakukan, jadi pastikan kamu benar melakukannya ya!  Berikut ini kita kasih apa saja gerakan renangnya..

1.Gaya Dada

Gaya Dada

Gaya dada atau yang biasa disebut dengan gaya katak merupakan gaya yang sering dipakai saat perlombaan renang. Gerakannya mudah dan simple sehingga sangat dianjurkan buat kamu yang ingin belajar renang karena tekniknya pun mudah untuk dipahami. Jika teknik yang dilakukannya benar, gerakan ini bisa menempuh jarak yang cukup jauh dan juga lebih hemat energi. Karena ada saatnya kepala kita keluar pada permukaan air untuk mengambil nafas, maka dari itu kita bisa mengatur nafas dengan santai.

Pada gerakan ini, kita perlu tenaga di bagian bahu, dada dan trisep. Karena ketiga gerakan inilah yang akan mendorong tubuh kita agar maju ke depan. Selain itu kaki pun ikut bergerak seperti gerakan mendorong kedepan.

2.Gaya Bebas

Gaya Bebas

Gaya bebas adalah gaya renang yang paling mendasar. Ada 3 gerakan yang harus dilakukan pada gaya bebas ini yaitu membuka posisi dada ke permukaan air, gerakan lengan yang berputar dan gerakan kaki mengayuh.  Saat memutar tangan sembari membuka dada, perenang pun bisa mengambil nafas dengan menoleh kepalanya sedikit ke kiri ataupun ke kanan.

Gaya ini juga sama seperti gerakan dada yang bisa menempuh jarak yang cukup jauh, namun bisa lebih cepat sampainya. Gerakan ini juga gak perlu tenaga yang terlalu besar, sehingga gak akan terasa cepat lelah.

3.Gaya Punggung

Gaya Punggung

Gaya punggung ini berbeda dengan gaya-gaya lainnya dimana saat kita renang, gaya ini mengharuskan kita melihat ke langit. Layaknya sedang tiduran di lantai, tubuh kita memang harus terlentang di permukaan air. Wajah pun harus berada di atas permukaan air untuk memudahkan bernafas. Untuk mendorong tubuh agar bisa maju ke depan, gerakan ini hampir mirip dengan gaya bebas, namun yang membedakan hanyalah posisi tubuh saja

Gerakan ini gak disarankan buat kamu yang punya masalah pada punggung, karena butuh otot yang kuat pada gerakan ini serta jika belum terlalu mahir perlu pendamping. Kekurangan pada gerakan ini hanyalah pada posisi tubuh yang menghadap keatas, sehingga tak jarang benyak perenang yang menabrak dan juga posisi maju yang miring.

4.Gaya Kupu-kupu

Gaya Kupu-kupu

Gaya kupu-kupu ini gak jauh beda dengan gaya dada. Yang membedakan yaitu dibagian gerakan kaki yang harus meliak-liuk seperti lumba-lumba. Gaya ini memerlukan tenag ayang cukup besar karena pada saat menggerakan tubuh, jantung dan paru-paru harus bekerja lebih ekstra untuk bisa menyalurkan oksigen. Tapi gaya yang satu ini bisa  membakar lebih banyak kalori. Untuk pengambilan nafas pun sama seperti gaya dada, dimana perenang harus bisa mengambil nafas saat kepala diangkat ke permukaan air.

Itu dia  gaya renang yang biasanya banyak dilakukan oleh banyak orang, gaya favoritemu yang mana?

Please Post Your Comments & Reviews

Your email address will not be published. Required fields are marked *